Picture

Picture
Picturku

Sabtu, 16 Maret 2013

Formasi Beasiswa Pendidikan Pascasarjana 2013

Blog seputar Beasiswa Unggulan DIKTI untuk program pascasarjana (master dan doktor) di dalam dan luar negeri.

Thursday, March 14, 2013

Beasiswa Unggulan 2013 Tidak Ada?

Kemarin saya menerima email terusan dari Rian Anggara yang berisi percakapan via email antara dia dan Bapak Ridwan Anzib mengenai Beasiswa Unggulan 2013. Rian Anggara adalah salah satu orang yang berminat untuk mendaftar beasiswa ini, aktif mencari informasi dan mau berbagi. (Semoga dia berhasil mendapatkan beasiswa untuk pendidikan pascasarjana-nya.) Sedangkan Bapak Ridwan Anzib adalah Kepala Subdirektorat Program dan Evaluasi, Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Ditjen Dikti. Beasiswa Unggulan ini merupakan salah satu program yang beliau tangani.

Dari email tersebut, saya mendapat keterangan bahwa Beasiswa Unggulan untuk tahun 2013 ini tidak ada. Ternyata, kabar angin yang saya dengar akhir-akhir ini benar. Mungkin kamu terkejut. Mungkin kamu tidak percaya. Sudah menunggu-nunggu beasiswa ini keluar. Sudah mencari informasi kesana kemari. Sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Tapi begitulah kenyataannya. Beasiswa Unggulan tahun 2013 tidak ada. Program Beasiswa Unggulan mulai tahun 2013 ini diganti dengan program baru bernama Beasiswa Pendidikan Pascasarjana. Hehe..

Mulai tahun ini, terjadi beberapa perubahan kebijakan beasiswa DIKTI. DIKTI menyederhanakan program beasiswanya yang bermacam ragam (daftarnya bisa kamu lihat di sini) menjadi empat beasiswa saja. Dua diantara empat beasiswa tersebut adalah Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) dan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN). Kedua beasiswa ini (BPP-DN dan BPP-LN) terbuka untuk dosen tetap, calon dosen dan tenaga kependidikan tetap di perguruan tinggi di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jadi, untuk kamu yang sebelumnya ingin mendaftar Beasiswa Unggulan, mulai tahun ini mendaftarnya ke Beasiswa Pendidikan Pascasarjana. Untuk keluar negeri, kamu bisa mendaftar BPP-LN di http://beasiswa.dikti.go.id/ln/. Pendaftarannya sudah buka sekarang. Sedangkan untuk di dalam negeri, kamu bisa mendaftar BPP-DN di http://beasiswa.dikti.go.id/dn/. Hanya saja pendaftarannya untuk saat ini belum dibuka. Jika kamu buka web pendaftaran BPP-DN tersebut, kamu akan menemukan menu untuk Daftar Beasiswa belum aktif.

Oleh karena Beasiswa Unggulan mulai tahun ini diganti menjadi Beasiswa Pendidikan Pascasarjana, maka blog inipun akan menyesuaikan. Ke depan, blog ini insya Allah akan membahas Beasiswa Unggulan tahun 2011-2012 serta Beasiswa Pendidikan Pascasarjana tahun 2013 dan seterusnya. Beberapa bagian blog ini (seperti menu Kampus Asal, Kampus Tujuan, Cara Daftar, Besar Uang, Tanya Jawab, Unduh dan lain-lain) akan saya update segera setelah saya memahami Beasiswa Pendidikan Pascasarjana.

Jika kamu memiliki informasi yang bermanfaat terkait Beasiswa Pendidikan Pascasarjana, kamu bisa memberi tahu saya, agar informasi tersebut bisa saya publikasikan di blog ini, dan teman-teman pengunjung lainnya bisa mendapatkan manfaat dari informasi tersebut.


Sebagai penutup tulisan ini, berikut beberapa artikel terkait BPP-DN:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar